Sinergi PEMDEKAR dengan PAUD Holistik yang Terintegrasi

paud-assalam

Pendidikan anak usia dini (PAUD) sangat strategis dalam pengembangan sumber daya manusia suatu bangsa. Tak hanya untuk menyiapkan tumbuh kembang anak menjadi sehat dan pintar, tapi juga berkarakter.

Sejalan dengan tekad pemerintah daerah Kabupaten Pemalang dan juga PEMDEKAR (Pemerintah Desa Karanganyar) untuk memperkuat pendidikan karakter, PAUD menjadi sangat vital karena pembiasaan dan internalisasi nilai-nilai positif akan sangat efektif dan berbekas saat tumbuh kembang anak khususnya pada 1000 hari pertama atau golden age. Tentu saja pengasuhan oleh keluarga sebelum masuk PAUD tetap menjadi fondasi utama pengembangan karakter anak.

paud-pagipaud-pagi1

Pedoman Umum PAUD Holistik yang terintegrasi yang dikeluarkan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas 2009 menekankan pengembangan anak usia dini secara holistik-integratif sehingga memenuhi kebutuhan esensial anak secara utuh dan terpadu melalui pelayanan sistematik dan terencana yang tak hanya mencakup aspek mikro, juga lingkungan meso, ekso, dan makro .

Sinergi aktivitas  PEMDEKAR dengan Lembaga PAUD ini diharapkan bisa menggerakkan semua potensi yang selama ini tidak optimal karena tidak ada aktivitas yang mampu menjadi jangkar untuk mereka berinteraksi.

Di sinilah pentingnya seluruh lembaga bersinergi untuk memperkuat desa dengan memperluas dan memperbesar program yang mampu menjangkau masyarakat secara langsung melalui agen yang telah lama ada, semisal, Kemendiknas lewat pos PAUD, TK, dan kelompok bermain atau Kemenag dengan TPA, RA, dan TPQ.

Juga, Kemenkes dengan mempertajam aktivitas puskesmas dan program posyandu atau Bapermas KB dengan merevitalisasi BKB di setiap desa serta Kemendagri dan Kemendesa dalam menyinergikan program pembangunan di tingkat desa sesuai amanat UU No 6/2014.

Di samping akan mampu meningkatkan layanan untuk pengembangan anak usia dini, sinergi lintas sektor ini juga akan meningkatkan intensitas komunikasi antara pihak di akar rumput yang akan mampu menggerakkan semangat gotong royong. Semoga!!!! By Admin PEMDEKAR

 

 

 

Mungkin Anda Menyukai

Satu tanggapan untuk “Sinergi PEMDEKAR dengan PAUD Holistik yang Terintegrasi

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *